SIAP QRIS Dilaunching di Pasar Kedoya

Friday, 11:09:59 10 Feb 2023 Humas Pasar Jaya

 

Bank Indonesia (BI) Perwakilan DKI Jakarta terus mendorong penggunaan alat pembayaran non tunai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Bekerjasama dengan PD Pasar Jaya dan Perusahaan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), BI Perwakilan DKI Jakarta melaunching SIAP QRIS di Pasar Kedoya, Jakarta Barat, Kamis (14/4).

Setelah mengecek dan bertransaksi ke para pedagang di Pasar Kedoya, Deputi Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta Suharman Tabrani mengatakan, penggunaan QRIS dalam bertransaksi sangat mudah. Hanya perlu waktu beberapa detik, discan, lalu memasukkan jumlah harga yang harus dibayar, sukses dan transakasi pun selesai.

“Alhamdulillah sudah bisa menggunakan QRIS di Pasar Kedoya, tentunya ini juga bantuan dan koordinasi yang baik dari PD Pasar Jaya dan Bank DKI. Ke depan kami berharap masyarakat bisa menggunakan dan meningkatkan kegunaan QRIS pada saat berbelanja di pusat perbelanjaan atau di manapun,” katanya.

Suharman berharap dengan penggunaan QRIS ini, jumlah transaksi meningkat. Bukan hanya jumlah merchant saja yang bertambah. Sebab menurut dia, dari pengalaman sejumlah masjid atau yayasan yang telah menggunakan QRIS, pendapatan hasil infak, sedakah dan zakatnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Kalau kita pegang uang dua lembar, Rp 20 ribu dan Rp 50 ribu, mana yang akan kita pilih untuk disedekahkan? Pasti yang nominalnya paling kecil. Namun ketika sedekah atau infak melalui QRIS, itu umumnya orang lebih memilih nominal yang lebih besar,” ucapnya yang berharap royalitas ini juga berlaku saat bertransaksi di pasar.

Direktur Properti dan Perpasaran Perumda Pasar Jaya, Aristianto, mengapresisasi, penerapan pembayaran nontunai di Pasar Kedoya. Dia pun berharap, dengan penggunaan QRIS ini memudahkan para pedagang sehingga omzetnya dapat semakin bertambah. Sehingga kondisi ekonomi para pedagang semakin membaik ke depannya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia dan Bank DKI yang telah meluncurkan  transaksi digital QRIS untuk para pedagang yang ada di pasar. Alhamdulillah kami terbantu, pedagang juga merasa terbantu dengan digitalisasi pembayaran ini,” ucapnya.