Pasar Jaya Gelar Pelatihan dan Simulasi Kebakaran di Pasar Koja Baru

Friday, 11:09:59 10 Feb 2023 Humas Pasar Jaya

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta dan Perumda Pasar Jaya kembali melaksanakan kegiatan pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran, Senin (04/07). Kegiatan dengan judul Simulasi Kesiapsiagaan Terhadap Bahaya Kebakaran Di Lingkungan Pasar Perumda Pasar Jaya

 

Direktur Properti dan Perpasaran Perumda Pasar Jaya Aristianto mengatakan pelatihan simulasi seperti ini menjadi sangat penting mengingat salah satu resiko bencana di Jakarta yang cukup tinggi adalah kasus kebakaran. Sehingga menurutnya perlu pengetahuan dari pengelola pasar sehingga bisa mengantisipasi dan melakukan penanganan dini jika terjadi kebakaran.

 

“Makanya perlu dilakukan simulasi ini dalam rangka pencegahan dan tanggap penanganan kebakaran di pasar-pasar, kita harap semuanya bisa memahami pentingnya pelatihan ini,” ujarnya.

 

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Abdul Wahid mengatakan pengelola pasar sangat perlu tahu harus berbuat apa sebagai bentuk pencegahan kebakaran. Pasalnya cukup banyak Gedung pasar yang kondisi bangunannya sudah cukup lama sehingga membutuhkan pengetahuan tentang proteksi kebakaran.

 

“Jadi bagaimana soal kelistrikan, proteksi dini dan lainnya ini sangat penting diketahui sebagai bentuk pencegahan, saya harap semua bisa menyimak dan konsen dengan materi yang disampaikan,” katanya.

 

Pelatihan ini menurutnya juga melibatkan pedagang yang ada di pasar sehingga semuanya bisa mengetahui proteksi dini jika terjadi kebakaran dan bencana lain. Di lapangan juga menurutnya perlu kerjasama dan koordinasi aktif dari kepala pasar dengan jajaran dinas baik di tingkat suku dinas hingga pos pemadam terdekat dengan pasar.

 

“Kalau perlu dilakukan dilakukan pelatihan beberapa waktu sekali karena kebakaran itu tidak bisa diprediksi, bisa terjadi kapan saja dan dimana saja,” katanya.

 

Selain itu menurutnya manajemen bisa menerapkan kebijakan yang salah satunya adalah di setiap kios harus memiliki apart kecil sebagai bentuk antisipasi kebakaran. Namun menurutnya perlu dicek isinya secara berkala karena secara ketentuan biasanya perlu direfil setahun sekali untuk isinya.