Perumda Pasar Jaya Aktif Berpartisipasi dalam Donor Darah

Friday, 11:09:59 10 Feb 2023 Humas Pasar Jaya

Dalam rangka perayaan HUT ke-55 tahun, Perumda Pasar Jaya menyelenggarakan donor darah bagi pegawai Perumda Pasar Jaya. Kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu, 5 Januari 2022 di Pasar Kenari. Peserta yang ditargetkan sejumlah 150 peserta dan yang berhasil mendonor sebanyak 106 peserta.

 

“Donor darah merupakan kegiatan sosial yang dapat menyelamatkan nyawa orang lain  terutama pasien-pasien yang butuh darah tambahan di masa kritis. Dalam rangka merayakan HUT ke-55 Perumda Pasar Jaya, kami ingin memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui kegiatan donor darah. Kegiatan ini juga sudah menjadi kegiatan rutin yang kami lakukan”, ujar Budi Susanto, Kepala Divisi Sumber Daya Manusia Perumda Pasar Jaya.

 

Melalui kegiatan ini menurutnya Pasar Jaya bisa memberikan arti lebih. Dengan sumbangan kantung darah hasil donor darah ini, diharapkan kebutuhan akan ketersediaan stok darah PMI dapat terpenuhi. Dikutip dari http://www.pmi.or.id/ saat ini PMI terus mengampanyekan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup (lifestyle). Setiap tahunnya, PMI menargetkan hingga 4,5 juta kantong darah sesuai dengan kebutuhan darah nasional, disesuaikan dengan standar Lembaga Kesehatan Internasional (WHO) yaitu 2% dari jumlah penduduk untuk setiap harinya.

 

Saat ini PMI telah membantu memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya melalui 211 Unit Donor Darah (UDD) di 210 kabupaten dan kota se-Indonesia, PMI juga menyediakan kemudahan lainnya. Sejak pertengahan Juni 2010, PMI telah membuat Gerai Donor Darah dengan harapan akan memudahkan masyarakat untuk mendonorkan darahnya di tempat-tempat publik dan pusat-pusat keramaian di tengah kota, yaitu Mal dan Kampus.

 

Hingga kini Gerai Donor Darah telah beroperasi di Mal Senayan City dan di Pasar Tanah Abang (Jakarta), Mal Metropolitan Bekasi (Jawa Barat), Mal Tunjungan Plaza 2 di Surabaya (Jawa Timur), dan di Mal Ratu Indah Makassar (Sulawesi Selatan). Untuk Gerai Donor Darah di kampus terdapat di Universitas Trisakti Gedung C (Jakarta) dan Kampus Universitas Hasanuddin Makassar (Sulawesi Selatan).

 

PMI juga telah memobilisasi 100 unit mobil donor darah di pertengahan Juli 2011. PMI menggandeng para mitra kerjanya untuk membantu menyediakan mobil donor darah ini yang akan disebar di UDD PMI di 33 propinsi. Dengan adanya mobil donor darah ini, akan tercapai penyediaan darah rutin dan mencukupi kebutuhan sampai dengan 4 hari, sesuai dengan semboyan 4 x 4; 4 juta kantong darah dengan 4 hari persediaan darah di seluruh Indonesia.

 

Upaya PMI lainnya untuk masyarakat adalah mengupayakan penurunan biaya satuan darah dengan mendirikan pabrik kantong dan fraksionasi plasma.